Jumat, 18 Juli 2008

Peralatan Penangkal Cyber Terrorism

Network Manager atau System Administrator tentu memerlukan berbagai peralatan (tools) untuk membantu mengamankan jaringan komputernya. Beberapa tools bahkan memang dibuat khusus dalam rangka melakukan testing sistim jaringan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari sebuah sistim jaringan komputer. Tools tersebut antara lain:

• SATAN (Security Administrator’s Tool for Analysing Network), peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan analisa sistim jaringan komputer secara menyeluruh sehingga performance sekaligus titik kelemahan dari jaringan komputer tersebut dapat diketahui.

• TCP Wrapper untuk memonitor jaringan komputer (trafficking) terutama dalam hal lalu lintas paket data dalam jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP (internet protocol) sehingga paket data yang lewat dapat dipantau dengan baik.

• Crack untuk melakukan password security testing dimana manfaatnya untuk mengetahui kelemahan dari password para pengguna, karena tidak semua pengguna tahu cara membuat password yang aman. Bahkan ada yang tidak menggunakannya sama sekali!

• Firewall, adalah sebuah sistim proteksi untuk melaksanakan pengawasan lalu lintas paket data yang menuju atau meninggalkan sebuah jaringan komputer. Sehingga paket data yang telah diperiksa dapat diterima atau ditolak bahkan dimodifikasi terlebih dahulu sebelum memasuki atau meninggalkan jaringan tersebut.

Tidak ada komentar: